Wednesday, September 26, 2012

Putu Ayu


Minggu lalu pas lagi ngobrol2 sama gurunya Kath, she mentioned Putu Ayu. i've seen Putu Ayu many times before, but never attempted to try to make one. Why, karena aku juga ga suka makannya hehehe...tapi abis ngobrol2, aku jadi tergoda untuk coba bikin. Kebetulaan saat itu ada kelapa nganggur di kulkas. Pulang sekolah, buru2 nimbang2 adonan. Kebetulan hubby masih ada di rumah, jadi nitip anak2 bentar deh hihihi.
As I expected, buatnya gampang, asal gula dan telurnya dikocok yang lamaaa sampe kentel banget. And make sure you are using fresh eggs supaya adonannya bisa ngembang bagus.
The cake turned out beautiful, except for one thing. Karena kelapanya udah nginep lebih dari seminggu di kulkas, waktu di kukus, berubahlah dia jadi warna coklat. huhuhu....walaupun rasanya ga beda, tapi teteup aja jelek keliatannya...alhasil itu 24 putu ayu aku suruh hubby bawa ke tempat kerjanya untuk dibagiin ke bibi2 yang kerja di sana (psst...kata hubby habis dalam sekejap! hehehe...)
So anyway, masih belom puas deh sama hasil putu ayunya, so kemarin bertekad, hari ini mesti buat pake fresh coconut. Niat banget deh, tadi pagi bangun jam setengah 5 cuma buat bikin putu ayu hehehe...soalnya uda beberapa hari ga main sama Kath gara2 si mbak pulang kampung, jadi sibuk dengan kerjaan rumah. Jadi sengaja bikin pagi2 buta biar nanti bisa puas main sama Kath hehe.
Kali ini aku pake santan instan kara karena ada 1 kotak nganggur. Dari rasa sama aja dengan santan biasa. Cuma memang adonanku lebih kental dari yang sebelumnya. And this time, the coconut turned out just perfect! Langsung deh siapin 1 kotak untuk dibawa buat guru2nya Kath. Enjoy teachers.....



Putu Ayu (recipe from here)

Bahan :
250 gr gula pasir
4 btr telur
1 sdt Cake Emulsifier (SP/TBM)
300 gr Tepung terigu
250 ml Santan
pasta pandan secukupnya (lebih bagus lagi pake air daun suji, tapi karena skrg sudah susah mendapatkannya ya pake pasta pandan saja)
1 btr kelapa parut
1 sdt garam (aduk rata)
Cara membuat :
1. Kocok gula, telur, dan cake emulsifier hingga mengembang (kental berjejak)
2. Masukkan tepung sedikit demi sedikit bergantian dengan santan, aduk rata
3. masukkan pasta pandan, aduk rata.
4. siapkan cetakan putu ayu, oles dengan minyak, letakkan kelapa parut tekan2, tuang adonan hingga 3/4 cetakan.
5. kukus 20 menit, sajikan.
Tips :
1. Panaskan kukusan (dandang) hingga mendidih.
2. Alasi tutup kukusan (dandang) dengan serbet bersih supaya uap airnya tidak menetes ke adonan.
3. Kocok adonan hingga benar2 kental berjejak (ketika kocokan diangkat adonan tidak menetes)
4. Bisa kukus dulu kelapa parut spy lebih tahan (tidak cepat basi)



No comments:

Post a Comment